Tips Menambah Nilai++ Video

veda-edu
Editing video bagi para pelajar SMK jurusan Multimedia atau Broadcast mungkin menjadi hal yang biasa. Pelajaran ini adalah pelajaran yang paling aku nantikan saat masih sekolah. Karena aku suka membuat video. Memang kita diajarkan mulai dari teknik pengambilan gambar sampai ke tahap proses editing. Dari teknik pengambilan gambar mungkin menjadi hal yang biasa, kita tinggal merekam sesuai dengan konsep yang telah dibuat. Namun di tahap editing ini seringkali kita kesusahan karena beberapa hal tidak sesuai dengan ekspetasi, hasil akhirnya kurang memuaskan dan GALAU -.-

Berhubung saat ini aku masih terus belajar editing video (walau sudah lulus) ada beberapa tips untuk kalian yang ingin menambah nilai plus video kalian.

Yang pertama 

Stabil. Nah ini yang menurutku paling penting. Karena video yang stabil dapat memperindah video dan tidak membuat si penonton pusing. Ada empat cara dalam mengatasi efek guncangan kamera (shaking).

  1. Warp stabilizer
  2. Warp stabilizer ini paling mudah dan paling murah, karena bawaan dari software edit video. Warp stabilizer adalah efek pada beberapa software editing video seperti Vegas dan Premiere untuk mengurangi shaking. Karena ini merupakan efek, warp stabilizer memiliki kekurangan, seperti video aslinya diusahakan tidak terlalu banyak shaking atau hasilnya di video akan mengalami efek seperti jelly. 
  3. 4K
  4. Jika kamera kalian mendukung resolusi 4K, maka cukup pasang kamera dengan tripod dan lakukan perekaman. Beres? Belum lah karena belum ada pergerakan (movement) :D Nah untuk pergerakan kamera bisa dilakukan pada tahap editing. Caranya cukup ubah resolusi file edit ke tingkat yang kalian inginkan, usahakan dibawah 4k. Lalu buat pergerakan contoh panning, zoom, atau rotate. Jika kurang jelas bisa dilihat pada video Agung Hapsah di bawah ya.
  5. Slowmo
  6. Nah ini favorit saya :D cukup dengan melambatkan video asli kita sehingga menjadi slowmo. Tapi ingat sebelum melakukan perekaman, kamera harus diset ke fps tertinggi, sebaiknya diatas 50fps. Karena jika 24fps video akan terlihat patah-patah.
  7. Beli stabilizer
  8. Sampai saat ini aku belum ke tahap ini, karena memerlukan pengikisan pada isi dompet atau tabungan -.- mungkin ini cara yang paling aman dan mudah, agar video aslinya sudah stabil. Dalam video Agung Hapsah di bawah, dia menggunakan electronik gimbal.

Yang kedua

Color Grading. Tahap ini adalah tahap yang paling saya suka namun susah. Karena harus mengerti warna dan ngeditnya bakal lama -.- Color grade ini bisa dipasang untuk menambah nilai estetika, memperlihatkan keadaan sekitar (panas atau dingin) dan untuk menyampaikan pesan. Jika ingin mudah, cukup pasang LUT. Berikut video tentang LUT. 



Yang terakhir

Backsound. Nah ini penting juga, agar menambah kesan pada videomu. Tapi jika kita tidak ingin mengeluarkan uang atau gratis, cukup gunakan yang gratis saja. Search di Google dengan keyword “Free Backsound” biasanya ada di Soundcloud. Namun jika ingin membeli, bisa beli di audiojungle atau situs lainnya. Ingat untuk jangan membajak karya orang lain (walau aku masih suka membajak -.-)

Itu adalah beberapa tips tambahan untuk menambah nilai plus-plus pada video kalian :D Tapi yang terpenting dari semua adalah gear konsep kalian. Jadi, buatlah konsep yang belum pernah ada namun menarik dan bisa diingat oleh setiap orang :D Ketika mereka melihat video kita, mereka langsung ingat dengan kita, karena kita pembuatnya. Semoga artikel ini bisa membantu kalian :) 

Terimakasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa kunjungi youtube Diary Jomblo ya guys. La gon na krab.

Komentar

Postingan Populer