Resensi Buku Tradisional dan Modernitas Tipologi Arsitektur Masjid

Cover Buku Tradisional dan Modernitas Tipologi Arsitektur Masjid 

BAB I PENDAHULUAN

Judul Buku : Tradisionalitas dan Modernitas Tipologi Arsitektur Masjid
Penulis : M. Syaom Barliana
Penerbit : Metatekstur
Cetakan : Petama, April 2010 di Bandung
Jumlah Halaman : 157 halaman
Ukuran Buku : 21x21 cm

Arsitektur masjid memiliki sebuah ciri khas tersendiri yang membedakan dengan asrsitektur bangunan – bangunan lainnya. Dapat terlihat dengan adanya kubah diatasnya dan adanya menara sudah menjadi identitas dari sebuah masjid. Tapi apakah bentuk kubah dan menara saja yang menjadi aspek pembentukan arsitektur masjid? Apakah faktor-faktor globalisasi penyebaran Islam, geografi dan iklim setempat, dan budaya lokal menjadi aspek dasar pembentukan arsitektur masjid serta fungsi-fungsi didalamnya sudah sesuai dengan syariat dan norma-norma dalam Islam?
Buku Tradisionalitas dan Modernitas Tipologi Arsitektur Masjid karya M. Syaom Barliana ini diterbitkan pada tahun 2010 oleh penerbit Metatekstur. Buku ini terdiri dari 5 bab. Secara umum isi buku ini dapat di kategorikan kedalam bagian besar, yakni bagian awal berupa pengenalan metoda tipomorfologi dan perkembangan arsitektur masjid serta bagian akhir yang membahas tentang tafsir tematik meliputi interpretasi, implikasi ideografis, dan faham keislaman.
Buku Tradisionalitas dan Modernitas Tipologi Arsitektur Masjid karya M. Syaom Barliana merupakan salah satu buku penting untuk dikaji. Oleh karena itu, penulis tertarik melakukan pengkajian terhadap isi buku tersebut yang hasilnya penulis susun dalam bentuk laporan resensi buku.

Lebih lanjut bisa dilihat di: Google Drive

Komentar

Postingan Populer