Temu Blogger Kesehatan Se-Jawa Barat


21 April kemarin 7 perwakilan Blogger Garut (A Ipan, Aprinda, Wahyu, Rizky, Ilham,  dan Yoga) menghadiri Kegiatan Temu Blogger Kesehatan 2017 “Urang Bandung Dukung Germas” di Bandung, tepatnya di Embassy Room Hotel Savoy Homann Bidakara Hotel. Kegiatan ini dihadiri juga oleh blogger se-Jawa Barat.

Kegiatan ini berlangsung dalam dua sesi. Sesi pertama yaitu sambutan-sambutan dari Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat dan Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementrian Kesehatan. Dilanjutkan dialog interaktif oleh Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementrian Kesehatan, Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bandung, Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat.


Pada dialog interaktif ini Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementrian Kesehatan menjelaskan banyak hal tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Ini yang aku dapat dari slide kemarin.
Dalam 4 tahun terakhir, penyakit tidak menular semakin besar berkembang di Indonesia. Hal ini disebabkan karena pola gaya hidup yang tidak sehat. Seperti malas gerak, minum minuman bersoda, jarang mengonsumsi buah dan sayur, merokok, mengonsumsi makanan gorengan dan berlemak. Akibatnya obesitas, kanker paru,  jantung, gangguan pencernaan, stroke, kerusakan organ, bahkan kematian.

Penyakit tidak menular tadi dapat dicegah dengan Germas. Germas yaitu suatu tindakan yang sistematis dan terencana  yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan  berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Tujuan Germas yaitu:
  1. Kesehatan terjaga
  2. Tetap Produktif
  3. Lingkungan bersih
  4. Biaya untuk berobat berkurang
Kegiatan Germas bisa berupa melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah (terutama dari lokal), tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, dan membersihkan lingkungan.

Kegiatan Germas harus dilaksanakan oleh seluruh lapisan masyarakat, baik individu, keluarga, masyarakat maupun akademisi (universitas, dunia usaha, organisasi masyarakat)

Di tahun 2017 Kementrian Kesehatan RI fokus pada 3 hal, yaitu:
  1. Melakukan Aktivitas Fisik
  2. Konsumsi Sayur dan Buah
  3. Memeriksa Kesehatan Secara Berkala
Melakukan aktivitas fisik dapat dilakukan dimana saja. Di kantor, sekolah, rumah, atau ruang lainnya. Contoh aktivitas di rumah seperti menyapu, mencuci, dan berkebun. Di sekolah contohnya memperbanyak kegiatan berjalan kaki atau melakukan peregangan. Lakukan setidaknya 30 menit setiap hari dan batasilah kegiatan yang banyak duduk.

Sajikanlah sayur dan buah dalam menu sehari-hari baik untuk di rumah, sekolah, atau kantor. Usahakan mengonsumsi sayur dan buah lokal yang tersedia di pasar setempat. Batasilah makanan yang mengandung gula, garam, dan minyak. Perbanyak minum air putih. Cucilah tangan sebelum minum.

Memeriksa kesehatan secara berkala dan sedini mungkin. Cek tekanan darah, kadar gula darah, kolestrol darah, tes darah lengkap, ukur lingkar perut, dan khusus untuk perempuan lakukan tes IVA (Inpeksi Visual Asam cuka) untuk deteksi kanker leher rahim. Cek kesehatan setidaknya 6 bulan sekali.


Kemudian pada sesi kedua yaitu workshop “Mengulik Bahasa, Memaksimalkan Nilai Blog” dengan narasumber Anwari Natari. Beliau memberikan materi tentang penggunaan bahasa yang baik dan benar, sehingga hasil tulisan dapat mudah dimengerti oleh para pembaca. Di akhir acara, beliau memberikan games tebak kata dari setiap meja. Isi dari games tersebut adalah seberapa baik peserta mendeskripsikan suatu kata agar dapat mudah dipahami oleh si penebak.

Komentar

Postingan Populer